Home

Thursday 28 April 2011

Teknologi speaker yg canggih...


Universiti Warwick di Inggris Raya memperkenalkan teknologi loudspeaker terbaru yang sangat tipis dengan ketebalan kurang dari seperempat milimeter sehingga jika ditempel di dinding, maka seakan-akan seperti  sebuah wallpaper. Selain tipis speaker ini juga fleksibel, jurucakap dari Warwick mengatakan kalau speaker ini dapat disembunyikan dengan rapi di langit-langit atau interior mobil yang permukaannya tidak rata sekalipun. Karena itu perangkat ini dinamakan FFL (Flat Flexible Loudspeaker)

Melalui perusahaan Warwick Audio Technologies yang sudah berdiri sejak 2001 dikembangkanlah speaker tertipis di dunia ini. Salah satu jurucakap nya mengatakan bahwa loudspeaker tipis ini sangat ideal untuk dipakai pada ruang publik, karena perangkat ini menyediakan gelombang suara dua dimensi, dimana proyeksi suara yang dihasilkan lebih panjang dibandingkan dengan suara dari speaker konvensional. Sehingga suara yang dihasilkan dari speaker ini menjadi lebih jelas terdengar walaupun ditempatkan di lokasi yang ramai sekalipun.



Cara speaker bekerja ini adalah dengan mengubah sinyal elektrik ke dalam bentuk suara. Biasanya sinyal itu digunakan untuk menghasilkan berbagai medan magnet yang mana akan menggetarkan sebuah kerucut mekanik sehingga bisa menghasilkan suara. Teknologi yang menyusun FFL adalah material-material konduktor dan isolator yang tipis, kemudian dalaam pengembangannya menghasilkan sebuah lapisan yang flsksibel. Ketika lapisan ini aktif akibat dipicu oleh sinyal elektrik, lapisan tersebut akan bergetar dan menghasilkan suara. Level tekanan suara berkisar antara 80-105dB. Daya yang digunakan sangat kecil jika dibandingkan dengan speaker lainnya yang rakus daya. Speaker masa depan ini dipastikan akan memiliki harga yang mampu di beli oleh smua golongan, karena berupa lapisan tipis sehingga proses pembuatannya lebih mudah dan cepat.



Sampai saat ini perusahaan Warwick Audio Technologies sedang melakukan negosiasi dengan beberapa perusahaan rekanan (OEM) dan direncanakan produk akan dijual pertama kali ke publik pada tahun ini. Sasaran penggunaan dari speaker FFL ini adalah untuk diaplikasikan pada daerah sekitar transportasi publik (terminal, stasiun, dll), otomotif, pendidikan, TI, multimedia, arsitektur dan dunia kesehatan.

Teknologi yang sangat menarik bukan? Jadi, jangan hairan  jika saatAnda mendengar suara-suara dari sebuah poster/ papan iklan yang ditempel di dinding.

No comments:

Post a Comment