Home

Friday 3 June 2011

Hooded Pitohui,Satu-Satunya Burung Beracun di Dunia

Ternyata ada juga burung beracun di Bumi ini,  burung beracun ini hanya ada satu jenis di dunia yang bernama Hooded Pitohui. Burung Hooded Pitohui ditemui di Papua Nugini, pertahanan mereka terhadap pemangsa yang walaupun sederhana tetapi yang menakjubkan adalah mereka beracun.

Pitohui memakan beberapa jenis kumbang yang mengandungi neurotoxin kuat dan mengandungi alkaloid yang dikenal sebagai batrachotoxin (racun yang juga ditemukan pada kulit dari Katak Panah Beracun yang terdapat di amerika Selatan).
Dengan makan kumbang, burung-burung menjadi beracun, toksin mereka juga  terdapat pada bulu dan kulit. burung ini terkenaldikalangan penduduk setempat  sebagai “burung sampah”, karena ketoksinannya membuat tidak mungkin untuk dimakan kecuali kulit dan bulu mereka dicabut.
Menyentuh Hooded Pitohui dapat menyebabkan  kesemutan, kulit terbakar dan bersin, seperti yang dilaporkan oleh para ilmuwan , memakan burnug ini  mungkin akan jauh lebih berbahaya.
Untuk memperingatkan sifat nya yang beracun, burung ini memiliki warna terang orange dan warna hitam yang menjadi amaran kepada sesiapa yang ingin menjadi pemangsa kepada dirinya. Dan diyakini bahwa Hooded Pitohui dapat menggosok toksin pada telur dan anaknya untuk melindungi mereka dari predator.

No comments:

Post a Comment