Home

Tuesday, 5 April 2011

Asal Usul Dan Arti Logo Dan Slogan NIKE

Dalam mitos bangsa Yunani, arti kata NIKE adalah kejayaan dan kemenangan. Nama ini juga adalah nama seorang dewi yang dikaitkan dengan kemenangan dan kejayaan. Bagi Bangsa Romawi, Dewi Nike adalah sama dengan Dewi Victoria dalam cerita dongeng, Dewi Nike diceritakan sebagai putri dari Pallas (Titan) dan Styx (Dewi Air), saudari dari Cratos, Bia dan Zelus.



Dewi Nike dan saudara saudari kandungnya menyertai Zeus pada saat perang melawan Titan. Dan Dewi Nike ini diceritakan merupakan sahabat kepada dewi Athena (dewi kebijaksanaan).Dewi Nike sering digambarkan bersayap baik dalam lukisan maupun patung. Sebagian besar dewa-dewi Yunani kuno dapat melepaskan sayapnya.Sesuai dengan arti katanya, Dewi Nike adalah dewi kekuatan, kecepatan dan kemenangan baik dalam peperangan maupun dalam pertandingan.Figur dewi ini juga digunakan dalam koin dan bahkan digunakan dalam piala dunia FIFA yang pertama (lebih dikenali dengan sebutan Piala Jules Rimet).Figur Dewi Nike ini banyak digunakan dimana-mana.
Lalu semenjak tahun 1928, dewi nike digunakan dalam medali Olimpik musim panas dalam posisi memegang daun palm ditangan kiri dan mahkota kemenangan ditangan kanan.Mungkin karena kejayaan dewi ini dan arti kata Nike yang berarti kejayaan,maka satu syarikat sukan pun memutuskan untuk mengambil namanya dan terbentuk lah sebuah perusahaan dengan mana Nike Inc. yang sangat terkenal sampai sekarang.

Perusahaan ini semakin terkenal kerana selalu menaja beberapa olahragawan terkenal di dunia seperti Tiger Woods, Ronaldo, Maria Sharapova dan Michael Jordan.Dimana para olahragawan tersebut akan memakai produk-produk buatan Nike sehingga logonya tersebut akan dilihat orang-orang di seluruh dunia.
Selain menaja para atlet, perusahaan tersebut juga selalu memiliki perjanjian dengan berbagai pasukan bolasepak dunia seperti Manchester United, Inter Milan, Barcelona, Atletico de Madrid, Borussia Dortmund, PSV Eindhoven, FC Porto dan Paris Saint-Germain. Semua nya adalah bertujuan untuk mempromosikan barang dan jenamanya supaya tidak dilupakan orang.Logo NIKE pula bernama Swoosh. Nike "Swoosh" adalah sebuah logo yang diciptakan pada tahun 1971 oleh Carolyn Davidson, seorang pelajar design grafik di Portland State University.Dan digunakan sebagai motif pada kasut sukan sejak tahun 1970-an. Sedangkan tanda logo perusahaan pula didaftar sebagai jenama dagang pada tahun 1995.


Kalau kita perhatikan, logo Nike tersebut juga berbentuk mirip gambar sayap, sepertinya perekanya mendapatkan inspirasi dari arti Nike itu sendiri.Slogan dan Logo Nike tersebut sekarang terkenal di seluruh dunia. Bahkan slogan "just do it" nya selalu disebut oleh seluruh generasi. 'Just Do It' berarti 'lakukan saja' fungsinya seperti nasehat supaya orang-orang jangan mudah menyerah kalah.

No comments:

Post a Comment

There was an error in this gadget